Sejarah terbentuknya Dinas Lingkungan Hidup di Kabupaten Solok melalui perjalanan panjang yang dimulai pada tahun 2001, tergabung pada Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup. Lingkungan Hidup merupakan sebuah Bidang yang terdiri dari dua seksi yaitu seksi monitoring dan evaluasi, dan analisis mengenai dampak lingkungan.

           Pada tahun 2009, bidang lingkungan hidup berpisah dari Dinas Pertambangan dan berdiri menjadi kantor sendiri dengan tupoksi pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Solok dengan nama Kantor Lingkungan Hidup. Knator baru ini mempunyai 3 seksi (Seksi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Seksi Pengawasan dan Pengendalian, dan Seksi Pemulihan Lingkungan Hidup) dan 1 Kasubag TU (Tata Usaha).

           Pada tahun 2011, bentuk organisasi mengalami perubahan dengan digabungkannya kebersihan ke lingkungan hidup menjadi Kantor Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KPLHK) terdiri dari 3 seksi (Seksi Analisis Dampak Lingkungan, Seksi Pengawasan Lingkungan Hidup, dan Seksi Kebersihan) dan 1 Subag Tata Usaha.

          Pada tahun 2017, kantor lingkungan hidup Kabupaten Solok kembali mengalami perubahan menjadi Dinas Lingkungan Hidup yang terdiri dari 3 bidang dengan 8 seksi. 3 bidang tersebut adalah Sekretariat dengan dua sub bagian yaitu Sub bagian Umum dan Kepegawaian dan Sub bagian Perencanaan dan Keuangan. Bidang Penataan Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas dengan 3 seksi yaitu Seksi Kajian Dampak Lingkungan, Seksi pengaduan dan Penegakan Hukum, dan Seksi Hubugan Masyarakat, Lingkungan Hidup dan Peningkatan Kapasitas. Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Pengendalian Pencemaran juga terdiri dari 3 seksi, Seksi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Seksi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, dan Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup.